“MAHASISWA DAN MASA DEPAN BANGSA”

Oleh: Mohamad Baramulia Bimantara

427903_620.jpg (620×354)

“MAHASISWA DAN MASA DEPAN BANGSA”

Mahasiswa,kata ini sudah tidak asing lagi didengar karena dalam kata inilah bermacam-macam perspektif pandangan mengenai identitas suatu bangsa tercermin,baik buruknya perilaku mahasiswa akan sangat berpengaruh terhadap keruh atau jernih masa depan bangsanya karena pada mahasiswa lah masa depan suatu bangsa tersandar.

Namun generasi sekarang mengartikan mahasiswa hanya sekedar sesuatu yang harus dikejar untuk “hidup enak” masa depan.

Tak sedikit yang menjalani hanya dengan setengah hati karena orang tua memaksa.

Banyak yang memilih karena sekedar mengejar materi yang dijanjikan oleh gelar sarjana

Dan hanya sedikit dari mereka yang sadar bahwa masa depan bangsa ada dalam genggaman,tetapi mereka terbungkam.

Sesuatu yang harusnya ditanyakan,mengapa kalian yang sadar terbungkam?bergerak lah!sadarkan meraka yang terpejam itu!sadarkan mereka yang hanya sekedar terpaksa!sadarkan mereka yang hanya tergoda oleh harta!buat mereka sadar bahwa ditangan kitalah masa depan bangsa dipertaruhkan!

Apakah kalian tidak iba pada bangsa yang hanya dipandang sebelah mata oleh orang-orang diluar sana?apakah kalian tidak iba melihat kesenjangan antara makmurnya yang dibarat dan susahnya yang ditimur sana?sampai kapan kita hanya akan terus sekedar mengangguk tanpa beraksi ketika seseorang megatakan bangsa kita penuh dengan kebobrokan?

Korupsi,kolusi,nepotisme,pelanggaran ham,dan masih terlalu banyak yang perlu kita perbaiki dimasa depan dan seolah waktu tidak akan cukup jika kita tidak sadar sekarang.

Hempaskan ego perseorangan,patahkan niat yang hanya ingin memperkaya kerabat dekat,buang jauh keinginan untuk sewenang wenang.

Dan mulailah tumbuhkan apa itu cinta kebangsaan,bangun apa itu persaudaraan,dan dirikanlah dengan tinggi rasa bertanggung jawab pada suatu tugas.

Sadarilah,waktu kita akan datang,waktu dimana segala beban bangsa berada dipundak kita semua,bersatulah padu sehingga tertutup kemungkinan kita mengungulangi kesalahan para pendahulu.

Jika di masa lalu bersatunya mahasiswa mampu menjatuhkan suatu rezim kediktatoran,apakah suatu perihal sulit bagi kita untuk bersatu lalu menjtuhkan ego perseorangan untuk majunya bangsa?saya rasa tidak.

Saya ingat saat saya masih berstatus siswa SMA,disekolah saya ada suatu janji yang wajib dipegang teguh oleh setiap siswanya agar dimasa depan kelak dapat berpartisipasi dalam membangun kembali bangsa ini,bunyinya “dimana pun kami berada siap memberikan karya terbaik bagi masyarakat,bangsa,negara,dan dunia” dan karena janji inilah saya berharap dapat berkontribusi dalam memajukan bangsa ini kedepannya dan semoga dapat menginspriasi kita semua.

Tulisan ini hanyalah sebuah opini dari seorang mahasiswa indonesia yang peduli akan masa depan bangsanya.

Salam hormat,

Mohamad Baramulia Bimantara
4115100065
Staff Magang PSDM HIMATEKPAL 2015